Cara Mengubah Domain Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri (Custom Domain)

Nama domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server di jaringan komputer maupun internet. Nama server ini biasanya berupa deretan angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP (IP Address).
Nah, tujuan adanya nama domain ini tentu saja untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, sekaligus membuat website Anda menjadi lebih mudah diingat.
Agar Anda tidak bingung dengan pengistilahannya, nama domain ini juga lazim disebut dengan sebutan URL atau alamat website.
Nama domain bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui perusahaan penyedia layanan domain dan hosting seperti Niagahoster. Anda hanya tinggal pesan, bayar, tunggu proses verifikasi sejenak, dan domain Anda akan siap digunakan.
Berikut langkah-langkah untuk mengubah nama domain blogspot menjadi nama domain milik anda sendiri.
1. Pertama-tama, masuk ke halaman utama Blogger Anda kemudian pilih blog mana yang ingin Anda konfigurasikan. Klik menu dropdown dan pilih Settings.


2. Pada bagian Publishing, klik URL + Setup a 3rd party URL for your Blog pada bagian bawah kolom isian Blog Address. Kemudian akan muncul menu seperti ini. Di sini Anda perlu memasukkan alamat domain Anda pada kolom isian yang tersedia. Jangan lupa sertakan ‘www’ pada nama domain Anda tersebut. Klik tombol Save untuk melanjutkan.

3. Akan muncul pesan error pada bagian bawah kolom isian. Anda tidak perlu panik, abaikan saja terlebih dahulu. Bagian terpenting adalah Anda sudah mendapatkan cname 1 dan cname 2 yang akan Anda butuhkan untuk konfigurasi selanjutnya. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas.

4. Selanjutnya silakan berpindah ke halaman Member Area Niagahoster.co.id. Klik pilihan Hosting & Domain => pilih nama domain yang ingin Anda konfigurasikan =>Kelola . Selanjutnya di halaman domain panel tersebut Klik tab DNS Management  dan klik tombol “Custom Blogspot”. 

5. Siapkan data-data cname 1 dan cname 2 yang telah anda dapatkan sebelumnya di kolom yang di sediakan:

Nah, hasilnya akhirnya akan nampak seperti berikut :

6. Langkah selanjutnya, silakan periksa kembali halaman konfigurasi settings pada Blogspot Anda. Klik tombol Save untuk melanjutkan. Apabila Anda masih menemukan notifikasi Error 12 maupun pesan kesalahan sejenis, mohon tunggu proses pointing karena terkadang membutuhkan waktu hingga 1×24 jam. 
Setelah proses saving selesai, buka kembali halaman konfigurasi domain Anda dengan meng-klik URL Edit. Pastikan bahwa kotak checkbox redirect (alamat website) to www telah dicentang.
Demikian Panduan Cara Mengubah Domain Blogspot.com Menjadi Domain Sendiri (Custom Domain). Mudah-mudahan bisa dipahami panduannya. Jika menemukan kendala silahkan bisa kirim komentar tepat di bawah postingan ini.
Bagi sahabat yang belum memiliki nama domain, atau berniat memesannya bisa mengunjungi website penyedia layanan Domain dan Hosting Niagahoster tentunya dengan pelayanan dan harga yang sangat murah. Ingin lebih murah lagi, anda bisa memasukkan Kode Kupon a-ASNUR jika berbelanja di Niagahoster.
Anda juga membaca tutorial berikutnya mengenai Cara Custom Domain Blogspot.com melalui Hosting Cpnel.
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *